Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGUAK RAHASIA KITAB AL-IQTISHAD FI AL-I'TIQAD KARANGAN IMAM AL-GHAZALI

 


Salah satu warisan karya monumental Imam Ghazali dalam bidang ilmu Teologi (ilmu Tauhid/Akidah) yaitu Kitab Al-Iqtishad fi Al-I’tiqad. Kitab ini sudah mengupas “trailer”-nya dari nama judulnya. Al-Iqtishad berarti jalan tengah, sedangkan Al-I’tiqad berarti Akidah atau kepercayaan. Maka maksud judul kitab ini adalah “jalan tengah dalam akidah”.

Metode yang dipakai Imam Ghazali dalam kitab ini ciri khas beliau dalam bersikap. Jalan tengah atau metode ini tidak hanya dipakai Imam Ghazali, namun diikuti oleh mayoritas ulama besar islam lainnya.

Imam Ghazali dalam fiqih mengikuti mazhab Imam Syafi’I dan berakidah Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Ciri khas Aswaja adalah mengambil jalan tengah di antara dua jalur, jalur ekstrem kiri dan ekstrem kanan.

Maksud Imam Ghazali mengambil jalan tengah dalam Akidah, setidaknya berdiri di antara aliran Mu’tazilah yang super rasional dan aliran Hasyawiyah yang bertumpu pada pemahaman tekstual.

Kemudian, contoh lain sifat tengah yang dipilih Imam Ghazali yaitu mengelola syahwat dan emosi secara adil dan bijak. Tidak melebihkan ataupun mengurangkan. Syahwat dan emosi merupakan dua sifat alamiah manusia. Berlebihan atau mengurangkan dalam mengendalikan kedua sifat itu dapat menciptakan citra buruk pada manusia, sehingga meletakkan akhlak di tengah di antara plus dan minus yang dapat membuat stabil.

Metode penyusunan Kitab ini dibagi menjadi empat bab pembahasan. Pertama, membahas tentang zat Allah. Kedua, membahas tentang sifat-sifat Allah. Ketiga, mengenai asma-asmanya Allah. Keempat, mengenai teori kenabian, eskatologi (hari Akhirat), Imamah (kepemimpinan), dan aliran-aliran islam yang wajib dikafirkan.

Kitab ini merupakan kitab Akidah level mutawasith (menengah), bukan lagi membahas level mubtadi atau dasar. Oleh karena itu, kitab ini ada pembahasan yang menuntut untuk berpikir secara serius dan mendalam.

Ada beberapa penjelasan di dalam kitab tersebut yang membuat bingung dan butuh mikir lebih lanjut walaupun secara umum penjelasannya mudah dipahami. Namun untuk menuai keberkahan, setidaknya kita bertalaqqi dan meminta penjelasan dari guru supaya mendapat pemahaman yang lebih lanjut.

Wallahu A’lam


Posting Komentar untuk "MENGUAK RAHASIA KITAB AL-IQTISHAD FI AL-I'TIQAD KARANGAN IMAM AL-GHAZALI"