Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEUNIKAN KITAB MUTAMMIMAH AL-JURUMIYAH SEBAGAI KITAB NAHWU LANJUTAN DARI TINGKAT DASAR



Memahami isi kandungan Al-Quran dan Hadis tidak boleh secara sembarangan. Seperti menerjemahkan atau memahaminya secara tekstual. Seseorang harus mempelajari ilmu-ilmu bahasa arab yang beraneka ragam mulai dari ilmu Sharaf (morfologi), ilmu Nahwu (sintaksis), ilmu Balaghah (retorika), dan masih banyak lagi.

Salah satu kitab yang mempelajari ilmu bahasa arab khususnya ilmu sintaksis atau ilmu nahwu adalah kitab Mutammimah Al-Jurumiyah

Kitab Mutammimah Al-Jurumiyah yang dikarang oleh Syaikh Syamsuddin Muhammad Arra’ani merupakan salah satu kitab Gramatikal arab bagi tingkat lanjutan dari tingkat dasar walaupun tidak bisa disebut sebagai kitab menengah karena ulasannya masih sangat mudah dipahami. Kitab ini bisa disebut sebagai ‘gerbang’ untuk mempelajari kitab yang lebih tinggi seperti Alfiyyah Ibn Malik, Qatrunnada, Syarh Ibnu Aqil, dan masih banyak lagi.

Kitab ini juga merupakan penjelasan lebih lanjut dari kitab Jurumiyah yang sangat ringkas dan padat sekali isinya yang dikarang oleh Abu Abdullah Muhammad bin Daud Ash-Shanhaji.

Kitab ini mengulas permasalahan inti dari ilmu Nahwu atau gramatikal arab secara sistematis yang tidak disebutkan dan dijabarkan lebih luas di dalam kitab asalnya (kitab Jurumiyah) mulai dari Bab Kalam hingga Bab Waqaf.

Salah satu keunggulan lain kitab ini adalah pengarang membawakan contoh permasalahan Nahwu dengan Ayat suci Al-Quran yang makin memperkokoh tata bahasa yang dibahas. Karena segala ilmu pengetahuan bertumpu kepada Al-Quran.

Tak lupa pula, pengarang mencantumkan syair-syair arab sebagai contoh permasalahan yang dibahas sehingga hal ini membuat orang semakin gemar dan asyik untuk mempelajari kitab ini.

Karena keberkahan muallif (pengarang kitab) dan kitabnya, banyak para ulama yang membuat Hasyiyah (foot note) untuk kitab ini di antaranya adalah Hasyiyah Kawakibuddurriyah karangan Syaikh Muhammad bin Ahmad bin Abdul Bari Al-Ahdal, Fawakihul Janiyyah karangan Syaikh Abdullah bin Ahmad Al-Fakihi, dan lain-lain

Kitab ini mudah dan banyak terdapat di toko kitab atau buku karena rata-rata kurikulum pesantren di Indonesia mempelajari kitab Mutammimah Al-Jurumiyah.


Posting Komentar untuk "KEUNIKAN KITAB MUTAMMIMAH AL-JURUMIYAH SEBAGAI KITAB NAHWU LANJUTAN DARI TINGKAT DASAR"