Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEUTAMAAN MENINGGAL DI HARI KAMIS YANG JARANG ORANG MENGETAHUINYA


 



            Banyak orang yang tak mengetahui bahwa ada keutamaan meninggal selain hari jumat. Sebagaimana maklum, orang-orang hanya mengetahui bahwa wafat di hari jumat adalah keutamaan. Tapi tahukah kalian bahwa hari senin dan juga kamis memiliki keutamaan juga? – dengan tidak mengurangi keutamaan yang lebih pada hari jumat.

            Keutamaan wafat di hari senin atau kamis -yang dikutip dari beberapa sumber- di antaranya adalah terbukanya pintu surga. Pintu surga dibuka pada dua hari tersebut. Maka beruntunglah orang-orang yang wafat pada hari tersebut.

            Kedua, hari Rasulullah SAW menjalankan puasa senin dan kamis. Kedua hari tersebut merupakan hari yang sangat digemari dan sangat ditunggu-tunggu oleh Rasulullah SAW untuk menjalankan ibadah puasa sunnah. Hadits dari Siti Aisyah: ”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari senin dan kamis.” (HR. At-Tirmidzi )

            Ketiga, hari penimbangan amal. Berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi “amal-amal manusia diperiksa setiap hari senin dan kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa”

            Keempat, hari dimana Rasulullah SAW sering melakukan perjalanan di hari kamis. Hari kamis merupakan hari yang sangat dinantikan dan dispesialkan oleh Rasulullah untuk melakukan sebuah perjalanan. Berdasarkan dalam hadits bukhari yang diriwayatkan oleh Kaab bin Malik: “Sangat jarang Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari kamis.”

            Dalam riwayat lain yang juga dari Ka'ab bin Malik Radhiyallahu anhu: “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar pada hari kamis di peperangan Tabuk, dan (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) pada hari kamis.” (HR. Shahih Bukhari)

            Demikian keutamaan wafat di hari senin dan kamis yang jarang orang ketahui. Dengan berkah kemuliaan Rasulullah SAW untuk umatnya, semoga kita diberikan Husnul Khatimah oleh Allah SWT.

Posting Komentar untuk "KEUTAMAAN MENINGGAL DI HARI KAMIS YANG JARANG ORANG MENGETAHUINYA"