Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KITAB TARIKHUL HAWADITS, RINGKASAN LENGKAP SIRAH NABI SAW

 


Menulis sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW ini tidak akan pernah menemukan ketuntasan. Sudah banyak penulis dan sejarawan yang mengupas kehidupan sang Nabi, namun belum bisa menjangkau puncak kemuliaan Nabi Muhammad SAW. Hingga datanglah tokoh ulama besar Ahlu Sunnah Wal Jamaah sekaligus muhaddits terkemuka yang merasa terdorong untuk menghimpun ringkasan dari Sirah Nabawiyah yang telah ditulis oleh ulama dan sejarawan lainnya.

Beliau bernama lengkap Abuya Prof. Dr. Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani (w. 2004). Abuya menghimbau bahwa hal yang agung yang patut untuk diketahui adalah ilmu atau pengetahuan tentang kenabian, sehingga beliau mengarang kitab yang berjudul “Tarikhul Hawadits Wal Ahwal Annabawiyyah”

Beliau berpandangan bahwa para ulama banyak sekali mengarang tentang kenabian mulai dari tarikh (sejarah), sifat-sifat, ucapan, perbuatan, serta lainnya yang berkaitan dengan Nabi. Sebagian ada yang mengarang dalam bentuk ikhtisar (ringkasan) dan ada yang memperpanjang kajian sesuai kadar pemahaman mereka masing-masing.

Namun, banyak para peneliti yang tidak semangat untuk menelaah karangan-karangan besar tersebut. Akhirnya, Abuya berinisiatif untuk mengarang kitab ringkasan sirah Nabi SAW yang komprehensif dan bersifat menyeluruh. Harapannya agar umat islam lebih mudah dan semakin bersemangat di dalam mempelajari Sirah Nabawiyah.

Di dalam kitab ini, Abuya hanya membagi pembahasannya dalam dua bagian. Bagian pertama menuturkan hal yang berkaitan dengan diri Nabi SAW mulai dari kepribadiannya, anak-anak, istri-istri, paman, bibi, wanita yang menyusui beliau, saudara sepersusuan, budak yang dimerdekakan, pembantu, penjaga, sekretaris, surat, utusan, gubernur pada masa beliau, hewan tunggangan, senjata, pakaian, mukjizat, dan lainnya.

Bagian kedua, membahas tentang ringkasan peristiwa yang terjadi pada masa kenabian, mulai  dari tahun kedua setelah kelahiran Nabi SAW hingga wafatnya dengan urutan kronologis dan tertib.

Semoga dengan hadirnya kitab ini, bisa memberikan kontribusi untuk umat islam dalam memahami Sirah Nabawiyah secara mudah hingga menambah kecintaan kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Serta bisa menjadi wasilah untuk memperkuat hubungan hati dan silsilah keilmuan dengan Abuya Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani Rahimahullah.


Posting Komentar untuk "KITAB TARIKHUL HAWADITS, RINGKASAN LENGKAP SIRAH NABI SAW"