Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

EFEK PSIKOLOGIS DARI SENYUMAN

 


Komunikasi yang datang melalui kata-kata yang kita ucapkan hanya sebagian kecil informasi yang kita dapatkan. Ekspresi wajah kita menyampaikan banyak informasi. Salah satunya adalah tersenyum. Mungkin tidak ada ekspresi wajah yang lebih ampuh dalam menyampaikan keadaan psikologis selain senyuman. Berikut ini merupakan bagaimana senyuman dapat memengaruhi Anda secara psikologis:

 

1. Tersenyum dapat menaikkan mood seseorang

Hubungan antara ekspresi wajah dan suasana hati sangatlah kompleks. Saat kita merasa baik, secara alami kita merasakan dorongan untuk tersenyum. Namun, hal sebaliknya juga benar bahwa tersenyum justru meningkatkan suasana hati Anda! Saat Anda tersenyum, tubuh Anda mengirimkan sinyal ke otak Anda yang mengatakan, “Saya pasti bahagia saat ini.” Hal ini membuat serangkaian peristiwa neurokimia yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

 

2. Dengan tersenyum seseorang bisa “ berpura-pura sampai berhasil”

Senyuman tidak harus benar-benar tulus untuk meningkatkan mood seseorang. Faktanya, kita bisa “berpura-pura sampai berhasil”. Orang-orang yang tersenyum memiliki perasaan yang lebih positif dibandingkan orang-orang yang “mengerutkan kening”. Jadi, lain kali saat kita merasa tertekan, tunjukkan senyuman di wajah Anda untuk segera menenangkan diri.

 

3. Tersenyum menurunkan tingkatan stres

Ketika otot-otot wajah  berkontraksi untuk membentuk senyuman, otak menerima sinyal di pusat penghargaannya. Pada gilirannya, otak melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin.  Endorfin menurunkan tingkat stres dan menimbulkan perasaan bahagia.

 

4. Senyuman membuat seseorang lebih menarik

Orang yang tersenyum dianggap lebih menarik dan santai dibandingkan mereka yang memiliki ekspresi netral. Oleh karena itu, senyuman dapat membuat seseorang lebih menarik secara fisik di mata orang lain.

 

5. Tersenyum itu menular

Senyuman berevolusi sebagai cara kita berkomunikasi satu sama lain.  Ketika kita bertemu seseorang dengan senyum lebar dan bahagia, tanpa sadar kita akan membalasnya dengan senyuman. Hasilnya, tersenyum tidak hanya membuat kita merasa lebih baik, tetapi juga meningkatkan mood orang-orang di sekitar kita. Rangkaian efek ini dapat membantu kita dikelilingi oleh orang-orang yang lebih bahagia dan positif. 

Posting Komentar untuk "EFEK PSIKOLOGIS DARI SENYUMAN"